Rabu, 03 Oktober 2012

DAFTAR RIWAYAT HIDUP



DAFTAR RIWAYAT HIDUP
Oleh : Asep Suhermin

Mengeong jika aku kucing
Menggonggong jika aku anjing
Beradzan karena kau bayi
Membuat titian cerita untuk masa akhir nanti
Dahi-dahi berkerut karena tak mengerti perjalanan yang penuh resah
Menjadi kolom-kolom dalam baris-baris pernyataan

Aku pernah menuju padang pasir jazirah arab dan Mesir
Aku pernah bermandi salju di Himalaya
Atau berkelahi di kutub Utara
Namun menjadi usang saja dalam legenda-legenda

Mitos bak air
Bersenggama dengan sesepuh usia
Menjelita dalam wajah rupawan dan buruk rupa karena terbakar api
Menjilat darah-darah haram para sastrawab
Berjingkrak dengan gemulai bersama pelacur-pelacur bar kota

Secara kasar ku ubah metal menjadi pastel
Lipstik-lipstik tebal mengoyak awak dan hawa menjadi suara pria
Memang brengsek manusia yang brengsek
Namun aku tidak
Mohon mengerti keajaiban jantung dan otak

Disini dalam susunan
Tersusun untaian mimpi bersama terawang masa-masa depan
Namun aku tak bisa meramal
Hanya dalam buku ku patri asmara dan basah badan
Maka,
Jangan beralih pandangan…

                                                                                                            Puisi Tahun 2004

Tidak ada komentar:

Posting Komentar